Minggu, 05 Juli 2015

Haid di bulan Ramadhan? No problem!

Ternyata kita sudah berada di penghujung hari ke-18 bulan Ramadhan!
Sebagai perempuan, tiap bulan kan pasti kita mengalami menstruasi, tak terkecuali di bulan Ramadhan ini. Tapi jangan khawatir, kita (para perempuan yang lagi mens) tetap bisa kok beribadah dan kebagian pahala seperti orang lain, karena ibadah gak sebatas shalat dan puasa (walaupun dengan tidak melakukan shalat dan tidak ikut berpuasa membuat spirit kita menurun, yeah I know!). Lagian kan sayang banget kalau tidak memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk beribadah, padahal jika kita mengerjakan ibadah sunnah di bulan Ramadhan maka akan mendapat pahala seperti pahala mengerjakan ibadah wajib yang dilakukan di luar Ramadhan sedangkan jika kita mengerjakan ibadah yang wajib di bulan Ramadhan maka akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Masyaallah!
Aku memang bukan orang yang ahli dalam 'ilmu tentang ibadah, aku juga masih perlu banyak menuntut 'ilmu tentang agamaku. Untuk itu, di postingan kali ini aku hanya akan menberikan ringkasan dari artikel yang kubaca di blog productive muslim dan blog IOU. Baca sampai habis yaaa!

  1.  Banyak-banyak berdoa
    Rasulullah bersabda, "Doa adalah ibadah" [At-Tirmidzi]
  2. Tetap terhubung dengan al-Qur'an
    Baca terjemahan al-Qur'an dan tafsir al-Qur'an, dan coba untuk merenungi ayat-ayatNya. Kita juga bisa membuat daftar "amalan rahasia", yaitu amalan ibadah yang hanya antara kita dengan Allah saja yang tahu. Caranya: baca terjemah ayat al-Quran yang kita baca, trus kalau di ayat yang dibaca itu Allah nyuruh kita untuk meminta ampunan seperti dalam surah al Baqarah ayat 37 "...sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." maka segeralah beristighfar setelah kita membaca ayat tersebut.
  3. Senantiasa berdzikir
    Berdzikir adalah cara yang paling indah untuk tetap terhubung dengan Allah pada keadaan ketika terasa sangat mudah untuk merasa jauh dariNya. Cobalah merutinkan dzikir pagi dan petang, bershalawat atas Nabi Muhammad SAW dan beristighfar pada Allah.

  4. Menuntut ilmu
    Rasulullah SAW bersabda, "Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim" [Ibnu Majah]
    Menuntut ilmu bisa dengan membaca buku-buku Islami atau nonton acara ceramah, atau datang ke acara pengajian. Yang tidak terbiasa membaca, mungkin bisa memulai habit membacanya dalam kesempatan ini!
  5. Mendapatkan pahala puasa
    Rasulullah bersabda, "Siapa yang memberi makanan untuk berbuka puasa untuk orang lain, ia akan mendapat pahala puasa seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala puasa orang tersebut" [Ibnu Majah]

Semoga bermanfaat! Aku hanya meneruskan informasi, jadi kalau ada yang salah ataupun tidak pas, jangan ragu untuk menegurku ya!
Wassalamu 'alaikum. :)

P.S.:
Kalau mau baca artikel lengkapnya bisa di sini dan di sini ya, tengkyu. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar