Jumat, 26 Juni 2015

Tentang Memulai sebelum Kamu Siap

Aku pernah membaca cerita tentang orang sukses yang memulai karirnya sebelum ia siap. Mungkin bahkan ia, si orang sukses tadi, takkan pernah siap kalau ia terus menunda-nunda untuk memulai karirnya. Karena sebenarnya kita tidak akan pernah benar-benar siap akan sesuatu. Sumber daya yang kita miliki saat ini, sebenarnya sudah cukup untuk menyokong kita memulai sesuatu.

Pertama kali aku berkendara di jalan raya adalah saat aku kelas tujuh atau delapan SMP. Waktu itu aku meluncur ke jalan raya tanpa didampingi orangtuaku. Aku belum benar-benar siap kala itu. Aku belum pernah berkendara di jalan besar sebelumnya. Tapi, ya, aku memang sudah diajari mengendarai sepeda motor sebelumnya.

Dengan modal sedikit keberanian dan sedikit pengalaman bersepeda motor, aku minta izin pada ibuku untuk 'mencoba' pergi ke jalan raya. Aku nemutuskan menyusuri jalan besar di sekitar tempat tinggalku. Tanpa memakai helm. Yah, tanpa SIM dan tidak bawa STNK juga. Saat itu aku masih belum terlalu familiar dengan gas, gigi dan rem sepeda motorku. Tapi aku terus mengendarainya sebisaku. Bahkan hingga beberapa kali diklakson orang karena aku tidak hati-hati. Aku pun pulang dan memutuskan hal besar lainnya: aku minta izin pergi ke masjid raya yang letaknya sangat jaaaauh dari rumahku (untuk ukuran anak SMP yang baru belajar sepeda motor). Sejak saat itu aku BISA mengendarai motor sendiri kemanapun aku mau (selama orangtuaku mengizinkan). Kalau aku tidak memulai saat itu, entah kapan akhirnya aku berani naik motor sendiri ke jalan raya.

Keputusanku memulai hal itu sebelum aku benar-benar siap membuatku jadi memahami kemampuanku. Dan dengan memahami kemampuan diri kita masing-masing kita jadi tahu bagaimana cara terbaik untuk kita mempelajari sesuatu. Karena belajar itu dari buaian sampai liang lahat. Belajar itu seumur hidup kita. Dengan mengetahui bagaimana cara yang efektif bagi kita untuk belajar, menurutku kita akan jadi lebih dewasa.

Yang mau kusampaikan kali ini adalah jika kita ingin memulai sesuatu tapi merasa belum siap, lakukan saja. Selama tidak melanggar syariat agama. Dan kau nanti akan mendapat pelajaran berhargamu sendiri. ;)

Jazakumullahukhairan yang sudah membaca postingan ini. :) Semoga Allah melindungi kita selalu, dalam semua aktivitas kita. Jangan sungkan to post a comment or two yaa! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar