Kamis, 21 Mei 2015

Tips Memilih Rumah Kostan untuk Cewek

Bismillahirrahmanirrahim.

Sebentar lagi aku kuliah, dan letak kampusku itu di luar kota. Karena terlalu jauh untuk pulang-pergi kalau ke kampus, aku dan orangtuaku mencarikan tempat kost untukku. Kami menemukan sebuah rumah kost dan jatuh cinta pada kunjungan pertama dengan rumah kost itu. Semoga saja tempat itu baik untukku dan aku betah tinggal di sana. Aamiin. Berdasarkan tempat yang terpilih jadi tempat kost-ku itu, aku ingin memberi beberapa tips dalam memilih tempat kost.

  1. Cari tempat kost yang dekat dengan sekolah/kampus/tempat kerja, karena kamu ngekost tujuannya untuk mencari tempat yang dekat dengan sekolah/kampus/tempat kerja kamu kaaan.
  2. Jangan pilih tempat kost yang nyampur cowok-cewek, karena pasti akan terjadi fitnah. Apalagi bagi seorang muslimah. Seorang muslimah harusnya bisa bersikap bijak untuk menghindari fitnah dan yang menyebabkan fitnah. Lagipula dengan kost di tempat khusus putri, kita kan jadi bisa bebas bercanda-bercanda dengan teman sesama cewek kita. Bisa beneran kaya di rumah.
  3. Pilih tempat kost yang ada ibu kostnya/kita ngekost di rumah ibu kostnya. Dengan begitu, kita akan ada yang menjaga, jadi peran ibu kost itu seperti orangtua di rumah. Beliau akan menjaga kita seperti beliau menjaga anak beliau sendiri. Beliau akan menjaga kita dengan cara menetapkan peraturan-peraturan yang bisa mendisiplinkan kita, yang sebenarnya untuk ke(ny)amanan kita sendiri.
  4. Jangan sekamar berdua. Ini penting untuk menjaga privasi dan ke(ny)amanan kita. Apalagi untuk pelajar/mahasiswi. Kalau kamu kost sekamar berdua, siapa tahu temanmu itu ngajak temannya ke kostan di saat kamu sedang ingin belajar. Kan jadi terganggu? Atau dia mendengarkan musik saat kamu mau istirahat, kan jadi terganggu? Atau saat kamu lagi mengerjakan sesuatu dan tidak ingin diganggu tapi dia ngajak kamu ngobrol, kan gak enak untuk menyuruhnya diam. 
  5. Cari tempat kost di lingkungan yang baik, misalnya lingkungan yang agamis; jauh dari keramaian (supaya kamu tidak terganggu ketika sedang belajar); dsb.
  6. Ikuti kata hatimu, untuk urusan fasilitas dan kriteria tambahan lainnya. Karena cuma kamu yang bisa merasakan gimana tempat yang benar-benar nyaman dan kondusif untuk kegiatan belajarmu. Misalnya orangtua kamu menyuruh kamu kost di tempat tertentu yang kamu merasa tidak nyaman tinggal di tempat itu, bicarakan baik-baik dengan orangtuamu. Carilah tempat kost yang kamu banget. Hehe. ;)
Kalau kamu masih bingung dan ragu dalam memilih tempat kost, mintalah petunjuk pada Allah. Shalat istikharah dan berdoa kepadaNya. Allah senang dengan orang yang memohon kepada Allah dengan bersungguh-sungguh. Insyaallah, Dia akan memberimu petunjuk tempat mana yang terbaik untuk kamu tinggali.

Semoga Allah selalu membimbing kita dan menunjuki kita. Aamiin.
Semoga bermanfaat, wahai saudari-saudariku seiman. :)
Wassalamu 'alaikum.

Catatan:
 *) sumber gambar: www.weheartit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar