Sabtu, 20 Juni 2015

Hari Favoritku di bulan Ramadhan ini: Waktu Mustajabnya Doa

Alhamdulillah kita sudah memasuki hari ke-3 bulan Ramadhan. Kemarin, hari Jumat, hari raya mingguannya umat Islam, kotaku diguyur hujan sehabis asar. Aku sangat senaaang.

Tahu kenapa hari ini jadi hari favoritku? Biar kujelaskan satu per satu.

Rasulullah pernah berkata bahwa ada satu waktu di hari Jumat yang apabila kita berdoa maka akan terkabul. Itulah kenapa disunnahkan untuk memperbanyak doa di hari Jumat. Dan ada riwayat yang menyebutkan bahwa waktu tersebut adalah di penghujung waktu Ashar atau mendekati senja.

Waktu hujan juga adalah salah satu waktu mustajabnya doa. Dan karena terjadinya di hari Jumat, kupikir double dong waktu mustajab doanya? Makanya aku senang sekali. Lagipula, kita kan sedang menjalankan ibadah puasa. Rasulullah pernah bersabda bahwa doa yang tidak tertolak adalah doa orang yang berpuasa. Wah banyak sekali kesempatan berdoanya ya!

Kalau waktu favoritmu untuk berdoa, kapan?

Oh iya ada tambahan sedikit tentang adab berdoa. Kalau bisa berdoalah dengan menghadap kiblat. Sebelum mengutarakan doa dan keinginan kita, awali dengan memuji Allah dan mengucapkan shalawat atas Rasulullah saw dan akhiri juga dengannya. Berdoalah yang baik-baik. Terus, jangan lupa juga mendoakan orangtua, teman-teman kita dan juga doa untuk seluruh muslim, karena kalau kita mendoakan saudara muslim kita tanpa ia tahu bahwa kita mendoakannya maka malaikat akan mengaminkan doa kita tersebut dan malaikan mendoakan kebaikan yang sama untuk diri kita. Wah!

Semoga dimudahkan. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar