Sabtu, 13 Juni 2015

Jangan menjudge, Tolong

Don't judge anyone. Karena yang pantas menghakimi itu cuma Allah swt--hakim yang sebenarnya.

Mungkin kita pernah mendengar orang-orang ngomong "Halah, paling dia gak ikhlas..." atau yang sejenis dengan itu. Jangan. Jangan men-judge orang begitu. Masalah hati itu cuma si empunya hati yang tahu, yakni ALLAH SWT! Kita tidak pantas melabeli orang tidak ikhlas, melabeli orang melakukan sesuatu karena terpaksa, melabeli orang melakukan sesuatu karena ada maunya, dsb. Karena yang tahu semua itu hanya Allah. Mendingan kita banyakin husnuzhan. :)

Kalau orang lain yang men-judge kita begitu, bagaimana?

Tidak masalah dong! Omongan orang tidak akan jadi big deal selama yang kita lakukan adalah benar dan niat kita melakukannya adalah benar. 

Tapi Saya tidak tahan dengan omongan mereka!

Luruskan niat! Niatkan semua yang kita lakukan hanya untuk menyenangkan Allah, bukannya untuk menyenangkan manusia apalagi untuk dipuji manusia. Cukup Allah yang menilai perbuatan kita. Ketahuilah, ketika kita niat melakukan sesuatu karena Allah, maka yang akan membalas perbuatan kita adalah Allah sendiri. Pujian maupun cacian manusia tidak akan bisa menggantikan apa yang ada di sisi Allah. Ketika melakukan sesuatu karena Allah kita akan merasa enjoy melakukannya. InsyaAllah.

Berhentilah menghakimi segala sesuatu yang engkau tidak ketahui secara pasti. Lakukanlah karena Allah ta'ala. InsyaAllah jika niat kita benar, kita akan mendapat kenikmatan yang luar biasa! Aamiin. :)

Artikel ini pertama kali terbit di sini dengan perubahan. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar